Saturday, February 19, 2011

Naskah, Teks atau Skrip Pembawa Acara Akad Nikah


 Berikut contoh dari teks atau naskah untuk pembawa acara pada acara proses akad nikah.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

Alhamdulillah, kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT dgn segala rahmat yg telah dilimpahkanNya, serta salawat dan salam kita ucapkan kepada nabi kita Muhammad SAW serta keluarga, para sahabatnya dan umatnya yg istiqomah.

Pertama - tama, kami ucapkan terima kasih atas kehadiran para sanak, kerabat dan sahabat dari kedua keluarga calon mempelai yg  sebentar lagi akan dipersatukan dalam ikatan suci pernikahan yg penuh dengan doa dan restu dari kita para hadirin yg hadir di tempat ini, yg menjadi momen yang tak terlupakan dan sekali untuk selamanya bagi kedua mempelai. 

Sambutan Keluarga Mempelai Wanita

Agar suasananya lebih terasa hikmad dan rasa bahagia menyertai langkah awal kedua keluarga menjadi satu dlm jalinan silaturohim mereka dalam memulai hidup baru, mari kita awali prosesi ini dengan sambut kehadiran calon mempelai pria beserta keluarga dan rombongan yg akan disambut oleh pihak keluarga calon wanita beserta rombongan kami persilahkan. Para tamu dipersilahkan untuk berdiri.

Kita telah menyaksikan sambutan dari keluarga mempelai wanita.........., putri ke-..... dari pasangan Bp........ dan Ibu.........  dalam menerima keluarga rombongan mempelai pria..............., putra ke-tiga dari pasangan Bp........... dan Ibu....................

Pembacaan Basmalah

Sebelum kita memasuki acara utama mari kita mulai dgn membaca surat Al Fatihah.

Bismillahirrahmaanirrahim
Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin
Arrahmaanirrahiim
Maaliki yaumiddiin
Iyyaka na’budu waiyyaka nasta’iin
Ihdinash shiraatal mustaqiim
Shiratal ladziina an ‘amta ‘alaihim
Ghairil maghdluubi ‘alaihim
Waladl dloolliin, aamiin

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan Saritilawah

Berikutnya pembacaan ayat suci Al Qur’an Surah …….Ayat… - … oleh Hafiz dan terjemahan sari tilawah oleh Tiam

Alhamdulillah, semoga Allah SWT memberikan hidayah dan manfaat kepada kita semua dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an ini.

Ijab Kabul
Sampailah kita kepada inti dari akad nikah yaitu prosesi Ijab Kabul yang akan diwakili oleh
  • Penghulu oleh ………………………………………………dari Kantor Urusan Agama ………………………………………….
  • Calon mempelai wanita ................(nama mempelai wanita) dan calon mempelai pria,................(nama mempelai pria)
  • Wali dari mempelai wanita yaitu langsung oleh ayahanda mempelai wanita Bp......................
  • Para Saksi
    • …………………………selaku saksi dari mempelai wanita
    • …………………………selaku saksi dari mempelai pria

Setelah selesai, persilahkan pasangan untuk ber-foto

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah, kini ................(nama mempelai wanita) dan .......................(nama mempelai pria), telah resmi menjadi pasangan suami istri, semoga mereka berdua selalu dipersatukan oleh ikatan suci ini, diberikan kemudahan dalam menjalankan rumah tangganya, diberi keturunan yang baik dan menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah, amiin

Nasihat dan Do’a Perkawinan

Sebagai bekal bagi kedua mempelai khususnya dan kita semua, marilah kita dengarkan nasihat – nasihat perkawinan dan do’a oleh Bp. Ust. ……………………….

Itulah tadi nasihat – nasihat perkawinan yang disampaikan oleh Bp. Ust. ……………… semoga bermanfaat bagi kita semua, amin

Sungkeman (Optional)

Sebagai penutup dari prosesi akad nilah ini, kedua mempelai dipersilahkan untuk sungkem kepada kedua pasang orang tua mereka, sebagai representasi dari pemberian restu dari kedua orang tua dan ucapan terima kasih kedua mempelai kepada kedua orang tua yang telah membesarkan mereka.

Sarapan Pagi
Alhamdulillah, akhirnya prosesi Akad Nikah dari ................(nama mempelai wanita) dan ................(nama mempelai pria) dapat berjalan dengan lancar. Para tamu dipersilahkan untuk memberikan ucapan selamat dan do’a dan menyantap hidangan yang sudah disediakan oleh panitia.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih dan Wassalamualaikum Warhmatullahi Wabarokatuh.