Salah satu yang dapat membebani speed di jaringan adalah pemakaian bandwidth oleh virus dalam 'berkembangbiak' baik itu melalui jaringan komputer (LAN, MAN atau WAN) atau melalui email. Beberapa virus bekerja dengan memanfaatkan fasilitas sharing (baik sharing folder maupun sharing printer), seperti yang sebelumnya pernah dibahas melalui media email juga, ada baiknya jika kita membatasi sharing folder dengan tidak melakukan sharing the world, tidak full access kecuali utk folder tertentu dan menggunakan password. Dan beberapa virus lainnya memanfaatkan kelemahan email client seperti Microsoft Outlook atau Outlook Express.
Bila jumlah komputer yang terhubung dalam jaringan berkapasitas yang besar, dan dalam jaringan tersebut terdapat virus maka kapasitas jaringan (bandwidth) tersebut akan dipergunakan oleh virus dalam berkembang biak. Tentu cara yang 'tidak sopan' ini akan berpengaruh dalam performance aplikasi yang kita pergunakan didalam suatu jaringan.
Oleh karena itu kami menghimbau kepada IT untuk memastikan apakah di kantornya sudah terdapat server antivirus, seluruh PC client/workstation telah di-install antivirus dari local server tersebut, sebaiknya diperhatikan bahwa antivirus lebih baik berada di masing - masing site (dalam satu LAN), atau jika harus terkoneksi dalam WAN usahakan menggunakan server sebagai gateway dengan server pusat dan pastikan antivirus aktif dan up to date.
SERVER ANTIVIRUS
Antivirus Trend Micro Office adalah antivirus yang terhubung sebagai client - server, sehingga dalam tulisan ini penulis menganggap server antivirus sudah tersedia. Misalnya nama server antivirus sebagai berikut XXX-SVR-AV (XXX = Initial cabang), contoh: MLG-SVR-AV. Jika terjadi perubahan nama server, jangan lupa merubah nama server tersebut sesuai dengan nama server antivirus yang baru. Karena jika tidak antivirus yang telah diinstall di PC Client tidak akan mendapatkan update antivirus dan antivirus tidak aktif.
PC Client telah diinstall antivirus
Tandanya jika antivirus telah ter-install di PC Client adalah terdapat icon Officescan di system tray (kanan bawah di dekat jam komputer). Jika icon system tray tampak seperti ini berarti antivirus di komputer tersebut telah ter-install dan terkoneksi dengan servernya.
Jika belum install antivirus, caranya sbb:
-
Buka Internet explorer, ketik di addressnya http://xxx-av-svr/officescan (xxx = inisial cabang). Misalnya http://mlg-svr-av/officescan atau mlg-svr-av diganti dengan IP Address menjadi http://10.7.12.98/officescan (misalnya) -
Tekan Enter -
Ikuti wizardnya (konfirmasi dengan menekan tombol next) -
Finish
Icon pada system tray akan tampil seperti gambar diatas. Sedangkan jika icon di system tray tidak terlihat, berarti koneksi komputer client dengan server terputus, cek jaringan komputer tersebut atau cek server antivirus apakah hidup atau tidak. Penyebab lainnya antivirus yang terinstall di komputer tersebut tidak terkoneksi ke server lokal misal: mlg-svr-001, tapi ke domain lain (mungkin karena komputer tersebut diinstall antivirusnya melalui server antivirus lainnya sebelum dikirim ke masing - masing site), oleh karena itu komputer tersebut harus di-install ulang antivirusnya, sebelumnya lakukan un-install dari control panel -> add/remove program lalu lakukan install seperti petunjuk diatas. Untuk beberap kondisi komputer client dapat terkoneksi ke server lain sehingga icon antivirus tersebut tetap meng-indikasikan antivirus tersebut tersambung dengan server, namun kondisi seperti ini akan membebani kinerja komputer dan jaringan, komputer akan terasa lambat. Jika icon pada system tray terlihat seperti pada gambar kedua maka antivirus tersebut tidak akan update jika ada dat baru di server, sehingga jika ada virus - virus baru tidak akan dikenali.
No comments:
Post a Comment
Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!