Thursday, August 26, 2010

Tips Membeli Notebook/Laptop

Mau beli notebook? Bingung mau beli notebook atau netbook? Apa - apa saja yang diperlukan dalam membeli notebook? Jangan terburu - buru membeli, simak tips - tips berikut ini :-) .

  1. Kebutuhan, sesuaikan jenis notebook yang anda inginkan dengan kebutuhan. Secara umum kebutuhan bisa dikelompokkan menjadi seperti berikut ini:
    1. Browsing, jika anda membutuhkan notebook untuk keperluan browsing internet, menggunakan aplikasi editor standard seperti Microsoft Office atau sekedar memutar DVD, anda bisa memilih netbook. Netbook sering juga disebut mini notebook. Ciri - cirinya ukurannya kecil, ringan, murah dan berprosessor Intel Atom. Untuk jenis Netbook ini sangat mendukung faktor konektifitas, dengan ukurannya yang kecil ini biasanya dilengkapi dengan Internal Wireless Card untuk mendukung koneksi ke Wi-Fi (Wide Fidelity), Ethernet Card bahkan built-in 3G port untuk SIM card pengganti modem dengan handphone atau USB modem. Selain unggul dengan browsing, Netbook juga mampu dan mendukung aplikasis tandard seperti Microsoft Office (Word, Excel dan Power Point) sampai dengan aplikasi pengolah image seperti Adobe Photoshop CS2. Kemampuan penyimpanan dengan Hard disk internal 2,5 inch dengan kapasitas minimum berukuran 160 GB. Operating System sudah mendukung Windows 7 Starter Pack. Netbook juga telah dilengkapi dengan web camera dengan resolusi lumayan.
    2. Bisnis, spesifikasi notebook untuk bisnis lebih diutamakan kepada kemampuan multiprocessing tinggi atau yang lebih dikenal dengan multitasking, layar lebar (Wide Screen), kemampuan penyimpanan diatas 160 GB, memiliki banyak kelebihan fitur seperti pemutar DVD, jumlah USB ports yang lebih banyak, tidak terlalu berat sehingga mendukung mobilitas, baterai yang mampu mendukung kinerja sampai dengan 4 jam atau lebih dan mampu menggantikan fungsi komputer desktop secara umum.
    3. Performance dan Multimedia, ciri - ciri notebook untuk kelompok ini adalah memiliki display layar lebar (diatas 15 inch), kapasitas penyimpanan yang besar (sampai dengan 1,5 TB), kemampuan processor tingkat paling tinggi, kekuatan VGA Card dengan kemampuan standar 512 MB dedicated, dipersenjatai memory yang besar minimum 3 GB (32 bit) atau 4 GB (64 bit). Jenis notebook ini sangat tidak nyaman untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi karena ukuran dimensi-nya yang besar bahkan ada yang mencapai 20 inches. Dengan spesifikasi seperti ini diharapkan notebook ini mampu menjalankan aplikasi (design graphic atau animasi misalnya) atau games - games grafik yang super halus dengan tanpa masalah. Contoh dari notebook ini adalah sbb:
      1. Acer Aspire 8942G (Core i7 720QM Processor 1.6GHz, 8GB RAM)
      2. Asus G51J-3D laptop (Core i7 720QM Processor 1.6GHz, 4GB RAM)
      3. Alienware M17x (Core 2 Quad QX9300 Processor 2.53GHz, 8GB RAM)
      4. HP Envy 15 (Core i7-720QM Processor 1.6GHz, 2GB RAM)
      5. Toshiba Qosmio X500 (Core i7 720QM Processor 1.6GHz, 4GB RAM)
  2. Budget/Harga, Harga bukanlah segalanya, seberapa orang berpendapat seperti ini jika mereka lebih mengutamakan performance, namun  tidak jarang harga menjadi patokan beberapa penjual notebook untuk menawarkan notebook yang sesuai dengan budget yang dimiliki calon pembeli. Berikut pengelompokan Notebook berdasarkan harga.
    1. Harga 2,5 juta - 4 juta, dengan budget sebesar ini dan jika kebutuhannya hanya untuk browsing atau perkerjaan ringan sebaiknya anda membeli seperangkat netbook. Namun jika kebutuhannya lebih dari netbook, belilah notebook dengan prosesor AMD atau Intel Dual Core atau Celeron.
    2. Harga 4 juta - 8 juta, anda bisa mendapatkan sebuah notebook standard dengan kemampuan bisnis dengan atau tanpa bundle Operating System (Windows XP, Vista, Windows 7 atau Ubuntu).
    3. Harga 8 juta - 15 juta, anda bisa mendapatkan sebuah notebook high-end sampai dengan prosesor i3 atau i5
    4. Harga diatas 15 juta, anda bisa mendapatkan sebuah notebook performance dan multimedia dengan prosesor i7
  3. Merek, beberapa pengguna menggunakan merek atau brand sebagai tolak ukur sebelum membeli notebook dengan beberapa alasan diantaranya:Orientasi bisnis, Pengguna rumahan dan kolektor atau bisa juga disebut penggemar merek tertentu. Berikut beberapa merek unggulan untuk kategori netbook dan notebook. Secara umum dikelompokkan sebagai berikut kelompok nomor 1 - 3 adalah notebook yang popular digunakan untuk kepentingan bisnis, 4 - 5 adalah diminati dan didominasi sekmen pasar pengguna rumahan dan 6 -8 adalah kolektor atau diminati oleh kalangan penggemar merek tertentu. Merek dan popularitas tentu mempengaruhi faktor harga bekas, jika anda memilih merek dengan kelompok 6 - 8 maka anda akan mengambil resiko menjual dengan harga dibawah harga pasaran notebook bekas, terkecuali anda menjualnya kepada para kolektor merek tersebut. Popularitas cenderung menjamin ketersediaannya akan suku cadang (spare part) dan layanan purna jual. Di Indonesia tidak semua notebook memiliki layanan purna jual yang representative terkecuali untuk produk yang populer.
    1. Dell - Alienware
    2. IBM - Lenovo
    3. Hewlett Packard - Compaq
    4. Toshiba
    5. Acer Notebook dan Netbook
    6. Macbook
    7. Fujitsu
    8. NEC
    9. Sony
  4. Spesifikasi Hardware,
    1. BIOS, sebelum membeli periksalah BIOS, mintalah penjelasan kepada penjual mengenai fitur yang tersedia di BIOS. Pada umumnya fitur yang sering diutak-atik oleh pengguna adalah fitur keamanan yang mencakup BIOS password, proteksi harddisk, optikal drive, USB port, update BIOS (BIOS flash) yang mudah sehingga BIOS anda selalu up to date, selain itu fitur power saving, juga konfigurasi time zone, informasi spesifikasi hardware, pengukur baterai dan terakhir fitur reset ke konfigurasi pabrik (default setting).
    2. Battery dan Adaptor, beberapa ultraweight notebook atau netbook sangat mengesankan namun banyak pembeli yang lupa dengan ukuran battery dan adaptor sehingga pada akhirnya bobot keseluruhan bisa dibilang 'berat'. Baterai notebook dapat dibagi menjadi 4 cell, 6 cell dan 8 cell (additional). Baterai 4 cell banyak digabungkan dengan notebook mini atau netbook, namun ketika saya memposting artikel ini sudah banyak netbook yang menggunakan baterai 6 cell. Baterai 6 cell adalah ukuran baterai standard yang mendukung kepada penggunaan sampai dengan 4 jam terus menerus (dalam kondisi baterai masih normal - tidak bocor atau over charge), baterai 8 cell biasanya dijual terpisan, namun sebagian besar multimedia notebook dijual sepasang dengan baterai ukuran ini, waktu penggunaan dengan baterai ini mencapai 6 - 8 jam. Temukan artikel mengenai tips menghemat baterai notebook disini.
    3. Processor, pada kenyataannya ada lebih dari 2 prosesor yang ada di dunia selain 2 procesor dibawah ini, diantaranya DEC (Digital Equipment Corporation) - banyak digunakan pada komputer supermini VAX/VMS (lebih dikenal dump terminal) yang terhubung dengan komputer - komputer mainframe di era 80an. Kini DEC lebih dikenal dengan Hewlett Packard atau sebelumnya Compaq, IBM (International Business Machines), Zilog, MIPS - banyak digunakan sebagai prosesor untuk perangkan jaringan (nerworking) dan komunikasi, beberapa  paralatan entertainment dan musik juga menggunakan prosesor ini dan VIA. Berikut kelompok umum prosesor yang beredar dipasaran notebook Indonesia saat ini.
      1. Intel
        1. Atom (banyak diaplikasikan kedalam netbook)
        2. Celeron (lebih rinci)
        3. Pentium (lebih rinci)
        4. Dual Core
        5. Core 2 Duo
        6. Hyper Threading Technology (i3, i5, i7)
      2. AMD
        1. Ultrathin Platform
          1. AMD V Series Processors (1.2 GHz, 512KB L2, 1 core)
          2. AMD Athlon™ II Neo Processors (1.7 GHz, 1MB L2, 1 core)
          3. AMD Athlon™ II Neo Dual-Core Mobile Processors (1.3 GHz, 2MB total dedicated L2, 2 cores)
          4. AMD Turion™ II Neo Dual-Core Mobile Processors (1.5 - 1.7 GHz, 2MB total dedicated L2, 2 cores)
        2. Mainstream Platform
          1. AMD V Series Processors (2.2 GHz, 512KB L2, 1 core)
          2. AMD Athlon™ II Dual-Core Mobile Processors (2.1 - 2.3 GHz, 1MB total dedicated L2, 2 cores)
          3. AMD Turion™ II Dual-Core Mobile Processors (2.3 - 2.5 GHz, 2MB total dedicated L2, 2 cores)
          4. AMD Phenom™ II Dual-Core Mobile Processors (2.8 GHz, 2MB total dedicated L2, 2 cores)
          5. AMD Phenom™ II Triple-Core Mobile Processors (1.8 - 2.1 GHz, 1.5MB total dedicated L2, 3 cores)
          6. AMD Phenom™ II Quad-Core Mobile Processors (1.6 - 2.0 GHz, 2MB total dedicated L2, 4 cores)
          7. AMD Phenom™ II Black Edition Dual-Core Mobile Processors (3.1 GHz, 2MB total dedicated L2, 2 cores)
          8. AMD Phenom™ II Black Edition Quad-Core Mobile Processors (2.3 GHz, 2MB total dedicated L2, 4 cores)
    4. RAM/Memory, Dalam membeli notebook, perhatikan banyaknya slot yang ada dan besaran memory di setiap keping-nya. Ini berpengaruh jika anda berencana untuk melakukan upgrade. Di system 32-bit mendukung maksimum memory sampai dengan 3 GB walaupun secara fisik terpasang 4 GB, sedangkan operating system 64-bit mendukung memory diatas 4GB. Jumlah slot juga berpengaruh , jika dinotebook anda hanya terdapat 1 slot sedangkan memory bawaan dari notebook hanya 1 GB, sebaiknya anda membeli memory sebesar 4 GB, jika anda membeli memory 2GB maka kedepannya anda harus mengganti memory 2GB tersebut dengan 4 GB. Berikut kelompok umum memory notebook yang beredar saat ini. Periksalah kepada penjual, jika memory yang ditawarkan adalah DDR3 karena terdapat 2 jenis channel untuk memory tersebut.
      1. DDR2 SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory), maximum transfer rate mencapai 3200 MB/s.
      2. DDR3 SDRAM (Dual Channel), maximum transfer rate mencapai 6400 MB/s.
      3. DDR3 (Triple Channel). Digunakan di prosesor i5 dan i7, peak data transfer rates mencapai 25.6 GB/s.
    5. Harddisk. Berikut komparasi dari hard disk notebook (2.5 inches) dengan kapasitas 500 GB. Sumber: http://techreport.com/articles.x/17010
        Hitachi Travelstar 5K500.B  Samsung M7  Seagate Momentus 5400.6  Seagate Momentus 7200.4  Western Digital Scorpio Blue
      Interface speed  300MB/s  300MB/s  300MB/s  300MB/s  300MB/s
      Total capacity  500GB  500GB  500GB  500GB  500GB
      Capacity per platter  250GB  250GB  250GB  250GB  250GB
      Cache  8MB  8MB  8MB  16MB  8MB
      Spindle speed  5,400 RPM  5,400 RPM  5,400 RPM  7,200 RPM  5,400 RPM
      Average seek time  12 ms  12 ms  NA  NA  12 ms
      Max media data rate  109MB/s  138MB/s  147MB/s  NA  NA
      Idle power  0.8W  0.85W  0.81W  0.67W  0.85W
      Read/write power  1.4W  2.5W  NA  NA  2.5W
      Seek power  1.7W  2.5W  1.54W  1.55W  NA
      Idle acoustics  2.4 bels  2.4 bels  2.4 bels  2.3 bels  2.4 bels
      Seek acoustics  2.6 bels  2.6 bels  2.6 bels  2.6 bels  2.6 bels
      Warranty length  3 years  3 years  3 years  3 years  3 years
      Street price  $78.08 $54.80 $59.84 $69.95 $55.40






    6. Display. Pilihlah display yang lebar (Wide Screen) untuk notebook yang digunakan untuk jangka waktu yang panjang agar mata tidak lelah. Ada 2 tipe layar LCD yaitu yang glossy dan
    7. Graphic Card. Notebook dengan prosesor Intel akan menggunakan NVidia sedangkan prosesor AMD menggunakan ATI Radeon
      1. NVidia
        1. GeForce M Series
        2. Quadro NVS
        3. Quadro FX Mobile
        4. GeForce Notebook Motherboard GPUs
      2. ATI Radeon
        1. ATI Mobility Radeon™ HD 5800 Series Graphics
        2. ATI Mobility Radeon™ HD 5700/HD 5600 Series Graphics
        3. ATI Mobility Radeon™ HD 5400 Series Graphics
        4. ATI Mobility Radeon™ HD 5165 Graphics
        5. ATI Mobility Radeon™ HD 5145 Graphics
        6. ATI Mobility Radeon™ HD 4000 Series
        7. ATI Mobility Radeon™ HD 3000 Series
        8. ATI Mobility Radeon™ HD 2000 Series
        9. ATI Mobility Radeon™ X1000 Series
    8. Optical Drive. Ada 2 pilihan optical drive internal and external. Jika kebutuhan penggunaan DVD tidak tinggi sebaiknya memilih notebook dengan external DVD drive. Sebagian besar netbook menggunakan DVD external, dengan
    9. Connectivity.
      1. Modem, notebook keluaran terakhir sebagian besar tidak disediakan modem port untuk RJ-11 (koneksi ke line telepon)
      2. LAN Card, bentuknya hampir mirip dengan port modem hanya ukurannya lebih besar, port ini digunakan untuk menghubungkan kabel data (RJ-45).
      3. WLAN. Fitur ini digunakan untuk terhubung dengan jaringan Wi-Fi, temukan logo Wi-Fi atau sinyal wireless di menu keyboard atau tombol penyela (switch) Wi-Fi. Ada 3 standard WLAN:
        1. 802.11a (5 GHz, 54 Mpbs)
        2. 802.11b (2.4 GHz, 11 Mpbs)
        3. 802.11g (2.4 GHz, 54 Mbps), ini adalah standard yang saat ini banyak dipakai.
        4. 802.11n (2.4 GHz, 120 Mbps), standard ini sudah mulai terdapat di notebook keluaran terakhir untuk mendukung koneksi sampai dengan 120 Mbps
      4. Bluetooth. Beberapa notebook yang lebih ekonomis tidak tersedia fasilitas bluetooth
    10. Ports.
      1. USB. Universal Serial Bus, digunakan untuk menghubungkan device dengan notebook, USB menggantikan banyak jenis koneksi lama seperti Comm Port untuk koneksi ke RS232 atau modem, Pararel Port untuk printer, PS2 untuk mouse dan keyboard. Jumlah USB port yang tersedia juga diperlukan untuk dipertimbangkan sebelum membeli notebook.
      2. Firewire atau yang juga dikenal dengan IEEE 1394, untuk koneksi serial kecepatan tinggi menggantikan pararel SCSI.
      3. HDMI adalah High-Definition Multimedia Interface yang banyak digunakan untuk menghubungkan perangkat multimedia seperti Blueray Player , DVD Player, TV, PS3 dan XBox.
      4. VGA Output atau dikenal juga dengan RGB (Red Green Blue) output digunakan untuk menghubungkan notebook ke monitor CRT atau LCD atau juga TV.
    11. Keyboard. Jumlah key di keyboard notebook juga beragam, semakin banyak jumlah key yang tersedia akan lebih memudahkan dalam penggunaan dan navigasi. Pertimbangkan terhadap tombol - tombol standard yang terkadang baru beroperasi dengan kombinasi Fn (Function) key. Seperti dalam keyboard 101/102 keys untuk menekan key F1 tidak diperlukan kombinasi Fn key, jadi pertimbangkanlah jika anda menemukan keyboard notebook dengan kombinasi Fn untuk tombol - tombol standard.
    12. Dimensi dan Bobot
      1. Design. Sesuaikan design dengan Perhatikan material dari notebook. Material yang glossy terlihat lebih mewah  namun kebanyakan tidak tahan gores, selain itu pilihlah material cashing notebook yang dapat meredam panas.
      2. Ukuran.
        1. Netbook. Ukuran yang lebih kecil lebih mudah dibawa kemana - mana, pada umumnya sampai dengan 10 inches.
        2. Notebook. Ukuran lebih besar, pada umumnya mulai dari 12 inches.
      3. Berat. Pertimbangkanlah berat notebook jika adalah pribadi yang sering bepergian.
  5. Software
    1. Operating System
      1. Jenis OS
        1. DOS. Notebook dengan DOS berarti notebook tersebut tidak terinstall Operating System apapun. Membeli notebook dengan DOS cocok jika anda menggunakannya untuk keperluan menginstal notebook anda dengan multi operating system atau menginstall dengan operating bawaan anda sendiri. Harga notebook dengan DOS ini relatif lebih murah. Yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan driver, carilah dan download-lah driver dari website resmi notebook anda atau mintalah kepada penjual.
        2. Ubuntu. Beberapa produsen notebook membundlenya dengan Operating System Ubuntu, pertimbangkanlah jika anda tidak familiar dengan OS tersebut,
        3. Windows XP. Notebook keluaran terakhir sudah mulai beralih ke operating system terbaru seperti Windows 7.
        4. Windows Vista. Notebook keluaran terakhir sudah mulai beralih ke operating system terbaru seperti Windows 7. Windows Vista terkenal dengan operating system yang mengkonsumsi processor dan memory dalam ukuran yang besar dan tingkat personal security yang tinggi sehingga mengurangi kenyamanan, Windows Vista banyak ditinggalkan oleh produse notebook.
        5. Windows 7. Tersedia dalam kelompok Windows 7 Starter untuk netbook dengan fitur yang minim, Windows 7 Home Basic dan Home Premium dan Windows 7 Professional.
      2. Upgrade atau Downgrade. Beberapa produsen notebook menawarkan free upgrade atau downgrade untuk jenis OS tertentu. Misalnya notebook yang anda beli menggunakan Windows Vista Business, anda bisa mendapatkan layanan free untuk downgrade ke Windows XP.
      3. Recovery Disc/Image. Untuk notebook yang sudah dibundle dengan operating system, pada umumnya telah tersedia recovery image atau recovery DVD, tanyakan sebelum anda membeli notebook.
      4. Drivers. Jika anda membeli notebook tanpa operating system (DOS), tanyakan atau mintakan driver dari notebook tersebut
    2. Core Programs
      1. Bundle Software.
        1. Trial. Saat ini banyak produsen notebook yang membundel produknya dengan software - software seperti Microsoft Office, Antivirus, firewall software.
        2. Lisensi. Anda akan mendapatkan lisendi OEM (Single licence) yang mana tidak dapat dipindahkan ke notebook yang lain. Untuk product microsoft anda akan mendapatkan sticker lisensi yang ditempel di notebook atau kertas sertifikat.
      2. Kompabilitas. Jika anda akan melakukan instalasi program - program tanyakan apakah program tersebut kompatibel dengan operating system di notebook anda.
  6. Harga Spare Part. Perlu ditanyakan harga suku cadang untuk barang yang mudah hilang, rusak atau memiliki umur singkat seperti baterai, adaptor, keyboard, touch pad.
  7. Layanan Purna Jual dan Garansi.
    1. Tanyakan garansi sebelum membeli, jika anda sering melakukan perjalanan ke luar negeri atau berencana menetap disana sebaiknya notebook yang anda beli memiliki garansi International, pada umumnya garansi produk - produk terkemuka memiliki garansi international.
    2. Seperti halnya dengan barang elektronik lainnya, tanyakan dengan detail tentang apa - apa saja yang di-cover oleh garansi ini. Beberapa suku cadang memiliki garansi lebih cepat ketimbang yang lainnya seperti battery dan adaptor.
    3. Tanyakan apa - apa saja yang menyebabkan garansi menjadi tidak berlaku.
    4. Minta informasi Service Center di kota anda berdomisili atau kota yang sering anda kunjungi termasuk jam operasional.
  8. Briefcase/Box. Tanyakan sebelum membeli apakah dengan membeli notebook ini sudah termasuk tas atau hanya box saja.
  9. Tips Membeli Notebook di Pameran klik disini

2 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih kembali, beberapa infonya ada yg sdh out date, perlu di-update lg, maklum perkembangan teknologi komputer/elektronik itu polanya berdasarkan deret hitung, bukan deret angka. Pesat skali. Lihat jg artikel yg ada hubungannya dg dunia IT disini http://technetsolutions.blogspot.com. Smoga bermanfaat gan..

      Delete

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...