Wednesday, September 8, 2010

8 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan Resume

Resume Anda merupakan jalan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Resume tersebut memuat keterangan mengenai data pribadi serta keberhasilan-keberhasilan yang pernah Anda raih. Jadi, buatlah resume yang dapat memotivasi perusahaan untuk memanggil Anda dalam wawancara. Usahakan setelah membaca resume Anda, perusahaan berpikir bahwa andalah orang yang mereka cari.

Bagaimana perasaan Anda jika ratusan resume yang Anda kirimkan tidak ada yang dijawab? Banyak orang yang menyalahkan dirinya sendiri, padahal kesalahan terletak pada resumenya, bukan orangnya. Hindarkan masalah ini dengan membuat resume yang lebih berkualitas dari yang lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan resume: 

1. Beri judul dengan posisi yang Anda inginkan serta keahlian yang Anda miliki
Mengingat bahwa perusahaan membaca sekian banyak resume para pelamar kerja setiap harinya, maka sebaiknya Anda membuat resume yang dapat menarik perhatian pembacanya dalam waktu sekejap.
Cara yang efektif adalah dengan mencantumkan posisi yang Anda inginkan sekaligus mencantumkan keahlian Anda yang sesuai dengan posisi tersebut. Keterangan ini harus dibuat sejelas mungkin. Jadi dengan membacanya, perusahaan langsung mengerti keahlian atau kemampuan Anda, sehingga dengan mudah dapat menilai apakah Anda orang yang mereka cari atau bukan.

2. Desain resume yang menarik perhatian
Perusahaan biasanya dapat langsung menarik kesimpulan ketika membaca resume Anda. Apabila mereka melihat bahwa pengalaman kerja dan kemampuan Anda tidak sesuai dengan jenis pekerjaan yang diinginkan, maka perusahaan akan menyimpulkan pada saat itu juga bahwa Anda tidak cocok untuk pekerjaan itu. Tetapi karena keterbatasan waktu, perusahaan cenderung membaca surat lamaran yang dapat menarik perhatian terlebih dahulu.
Jadi, agar dapat menarik perhatian, desain resume Anda sedemikian rupa, sehingga dengan sekali pandang, dapat terbaca semua informasi yang menurut Anda penting.

3. Gunakan jumlah atau angka agar resume Anda mempunyai nilai jual
Isi resume yang memuat keterangan mengenai ketrampilan dan kemampuan Anda, akan menentukan berapa banyak panggilan kerja dan besarnya tingkatan gaji yang akan Anda peroleh. Uraikan semua keterangan tersebut dengan jelas dan terperinci. Jika keterangan tersebut mempunyai nilai angka, maka cantumkan nilai tersebut.
Menggunakan angka-angka dalam resume akan menciptakan citra yang lebih nyata dalam benak kita ketika membacanya. Tetapi sebaliknya pernyataan-pernyataan umum, mudah untuk dilupakan. Biasanya semakin jelas Anda menjelaskan tanggung jawab kerja Anda, akan semakin baik hasil yang diperoleh. Selain angka, Anda juga harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan pengalaman dan kemampuan Anda.

4. Menganalisa iklan lowongan kerja dan deskripsi pekerjaan, untuk memahami kebutuhan perusahaan
Belajar menganalisa kata-kata pada iklan-iklan lowongan kerja dan deskripsi pekerjaan adalah bagian penting untuk menyusun sebuah resume yang sesuai. Jika persyaratan yang diinginkan sesuai dengan kualifikasi Anda, maka resume Anda mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk dibaca dan dipertimbangkan.
Anda juga dapat meminjam kata-kata khusus dari iklan tersebut, yang menggambarkan bahwa Anda benar-benar orang yang cocok untuk pekerjaan tersebut. Disamping tuntutan ketrampilan yang tertera pada iklan, perusahaan tentunya memiliki kebutuhan lainnya, yang harus Anda pahami. Jadi penting bagi Anda untuk mencantumkan ketrampilan-ketrampilan lain, yang tidak disebut dalam iklan. Hal ini akan mengantisipasi kebutuhan perusahaan yang lain dan menunjukkan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

5. Gambarkan keuntungan perusahaan melalui keahlian Anda
Kebanyakan resume yang dibuat oleh para pelamar kerja memuat sejumlah keterangan mengenai pengalaman kerja si pelamar saja. Keterangan yang dibuat tidak dapat menggambarkan keuntungan apa yang akan diperoleh perusahaan melalui keahlian yang dimiliki.
Jadi, selain Anda menguraikan keahlian Anda secara terperinci, sebaiknya Anda jelaskan pula bahwa masing-masing keahlian Anda tersebut dapat menguntungkan perusahaan.

6. Ciptakan citra yang sesuai dengan gaji yang Anda inginkan
Ketika Anda menulis resume Anda, ingatlah selalu mengenai jabatan dan jumlah gaji yang Anda inginkan. Pastikan Anda menyusun resume yang memberi kesan bahwa Anda mempunyai nilai lebih dan Anda pantas mendapatkan gaji yang lebih besar. Ciptakan kesan yang secara tidak langsung menaikkan nilai Anda.

7. Prioritaskan isi resume Anda
Ketika Anda menyusun data diri Anda, usahakan untuk menuliskannya secara berurutan berdasarkan tingkat kepentingan, daya tarik dan hubungannya dengan pekerjaan yang diinginkan. Informasi yang paling penting harus ditempatkan pada urutan paling atas, dilanjutkan dengan informasi yang tingkat kepentingannya lebih rendah, demikian seterusnya.

8. Buatlah target dalam resume dan surat pengantar Anda
Agar sukses dalam wawancara, tonjolkan keahlian atau ketrampilan khusus yang Anda miliki dalam resume dan surat pengantar Anda, sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Bagian ini akan menggambarkan bahwa Anda benar-benar memiliki kemampuan dan menginginkan pekerjaan ini. Jadi ada target yang ingin Anda capai, sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Hal ini menunjang kesuksesan wawancara karena memberi kesempatan kepada Anda untuk tampil lebih menarik dan layak untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan kerja.

(Sumber: frtc)

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...