Wednesday, October 6, 2010

Isi Pulsa Mama

From : +62819445146XX
"Ini mama pake nomor orang, tolong beliin dlu mama pulsa simpati isi 20 ribu dikirim dinomor brunya mama ini 0813401734XX cepat ya soalnya mama da masalah pnting"

Pernah terima SMS yang isinya seperti diatas? Aneh memang sipengirim SMS ini, walaupun banyak dari kita mengaggap SMS ini konyol tapi ada saja orang yang jadi korban dari SMS ini. Kenapa? Karena mereka terlalu sibuk untuk tahu nomor handphone mama sendiri. Kita lebih sering tahu nomor telepon pacar kita, teman dekat kita atau nomor telepon bos atau bawahan kita ketimbang nomor telepon mama atau ibu kita sendiri. It's a Fact! Keumuman inilah yang dimanfaatkan oleh sipengirim untuk menipu sang korban.

Analisa singkat jika menerima diatas adalah:
  • Apakah benar mama kita punya handphone atau handhone baru?
  • Apakah benar nomor telepon mama kita adalah nomor tersebut?
  • Ketahui tipe pembayaran apa yang digunakan oleh mama kita, apakah pasca bayar (abodemen atau bulanan) atau pra bayar (isi ulang). Jika abodemen sebaiknya acuhkan saja SMS ini.
  • Apakah mama kita bisa menggunakan SMS dengan baik, jika iya kenali gaya bahasanya.
  • Jangan menelpon balik atau berkirim SMS ke nomor sipengirim, selain terkadang sia - sia, diapun bisa mendapatkan keuntungan dari telpon kita seperti tambahan pulsa jika dia menerima telepon atau informasi lebih jauh tentang kita.
Akan masih banyak lagi modus yang digunakan oleh para penipu diluar sana. Tetap tenang dan waspada.

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...