Monday, July 23, 2012

Apa Maksudnya Usia Yang Barokah Itu?

Sering baca atau dengar ucapan "Selamat ulang tahun, smoga sisa usianya makin barokah", memang hal seperti ini kurang lazim kita lihat dan dengar. Kita lebih sering mendapatkan ucapan selamat bagi yang berulang tahun seperti ini.

  1. Happy birthday, many happy returns!
  2. Happy birthday, WYATB! Maksudnya wish you all the best.
  3. Selamat ulang tahun, semoga panjang umur dan bahagia selalu.
  4. Selamat ulang tahun, semoga apa yang dicita - citakan segera tercapai.
  5. Selamat ulang tahun, semoga tambah sukses lagi.
  6. Selamat ulang tahun, cepat besar, jadi anak yang sholeh, pandai, berbudi luhur, sehat dan kuat.
  7. Selamat ulang tahun, semoga selalu senantiasa dalam limpahan rahmat dan lindungan Allah SWT, amin.
  8. Happy milad, semoga selalu disayang istri dan keluarga.
Dan masih banyak contoh ucapan - ucapan selamat lainnya. Semua ucapan diatas mempunyai arti dan tujuan yang baik yaitu mendoakan agar yang berulang tahun, di usianya yang baru dapat menjadi lebih baik lagi. Namun dari semua ucapan tersebut, yang menarik perhatian dan perlu ditelaah lebih jauh adalah ucapan selamat yang diikuti kalimat "semoga sisa usianya makin barokah". Seperti apa sih usia yang barokah itu?

Usia yang barokah adalah usia yang makin mendapat berkah dari Allah SWT, setiap waktu yang dilewatinya selalu berguna bagi dirinya sendiri, orang - orang terdekat atau orang lain, dengan kata lain sisa umurnya lebih banyak mendatangkan kebaikan, amal sholeh, pahala dan kesenangan - kesenagan yang sifatnya tidak sekedar duniawi. Mungkin sudah ada yang pernah dengan kata - kata mutiara seperti ini "Orang yang paling pintar adalah orang yang paling sering mengingat kematian", kematian dan akhir(at) adalah tujuannya hidup didunia tanpa mengurangi ikhtiar untuk dunia tentunya. Jadi kalau digabungkan akan menjadi "usia yang makin tua, semakin sholeh, yang dipersiapkan untuk menghadapi kematian, makin tua makin jadi dekatnya dengan Sang Penciptanya. Dengan demikian manusia - manusia dengan pemahaman seperti ini adalah manusia - manusia paripurna yang selalu memberikan kontribusi baik bagi lingkungan sekitar dan dirinya sendiri.

Semoga kita semua dapat mengambil yang baik dari makna yang ada dalam doa "Semoga Sisa Usia Yang Ada Makin Barokah" dan berbahagialah manusia yang diberi usia yang barokah.