Sunday, September 30, 2012

Berbagi Dengan Sesama

Kemarin sore waktu saya canvassing di daerah Kampung Baru Jakarta Barat, saya mampir ke salah satu industri garment yang ada disana, sambil minum dan isi bensin, saya tanya kepada penjual bensin, saya tanya siapa pemilik dari garment ini? Dia menyebutkan satu nama dan marganya Ginting. Berbekal informasi tersebut saya masuk ke garment tersebut dan mengutarakan maksud kedatangan saya ke garment tersebut kepada recepsionist. 

Sambil menunggu saya melihat 3 orang anak - anak umur sekolahan dasar yang sedang mengantri dengan membawa selembarkartu. Begitu saya perhatikan agak lama, saya menduga bahwa anak - anak ini datang untuk mengambil uang. Awalnya saya tidak tahu uang apakah yang mereka ambil. Setelah dua dari tiga anak tersebut meninggalkan tempat, saya makin penasaran karena kedua anak itu langsung pulang dan tidak masuk kedalam kantor garment tersebut. Saya menduga bahwa anak ini ternyata bukan karyawan garment ini. Saking penasarannya (bukan kepo ya), saya langsung tanya ke receptionist yang tidak jauh jaraknya dari tempat duduk saya menunggu. Saya tanya, "Anak ini terima uang apa?" Receptionist dengan santai menjawab "Uang anak asuh". Wah! Benak saya langsung melihat sesuatu yang positif. Dari investigasi sederhana, saya mendapatkan informasi bahwa jumlah anak asuh yang ada saat ini sebanyak 30 anak, terdiri dari anak kurang mampu dan anak yatim piatu, mereka mendapat imbalan 150 ribu rupiah tiap bulan dan program ini sudah berjalan 20 tahun lebih. Tunjangan pendidikan pun diberikan kepada anak - anak pegawai garment tersebut yang totalnya mencapai ratusan.

Saya langsung terpikir perusahaan - perusahaan besar yang gencar memplubikasikan program CSR namun sifatnya hanya sementara, walaupun tidak semuanya buruk dengan publikasi seperti itu setidaknya mengajarkan kepada yang lain untuk berbagi dan bertanggungjawab terutama pada lingkungan sekitarnya. Berbeda dengan perusahaan garment ini, program uang anak asuh ini sudah berjalan 20 tahun lebih dan tanpa publikasi sedikitpun serta memprioritaskan kesejahteraan untuk warga disekitarnya. Sangat mengesankan. 

Semoga bisa menjadi contoh yang baik.

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...