Thursday, September 5, 2019

Hati - hati Modus Penipuan Menggunakan OTP Tokopedia

Kemarin sore saya bersyukur sekali tidak jadi korban penipuan dengan modus verifikasi OTP (One Time Password) Tokopedia untuk keperluan pendaftaran garansi barang yang saya beli.

Kebetulan saya faham cara kerja OTP Tokopedia yang biasanya dipakai jika kita baru pertama login pada perangkat baru atau setiap kali login, setelah sebelumnya logout dari suatu perangkat. Menurut saya, aneh kalau OTP yg dikirimkan Tokopedia, diminta penjual untuk keperluan seperti itu. Setelah lapor ke Tokopedia care, akhirnya akun penjual itu di-block.

Kronologisnya seperti ini:

  1. Sebelum membeli saya mencoba menghubungi penjual melalui fitur chat yang ada di aplikasi Tokopedia untuk mengcek ketersediaan stok,kemungkinam pengiriman melalui ojek online dan spesifikasi barang karena harga yang jauh lebih murah hampir 2 juta dari harga pasaran. Beberapa menit kemudian, penjual membalas chat saya dan menginformasikan bahwa ready stock, pengiriman bisa melalui ojol dan spesifikasi sesuai dengan yang diaplikasi.
  2. Selanjutnya saya melakukan proses pembelian dan pembayaran.
  3. Setelah membayar, saya chat lagi untuk konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan bukti pembayaran.
  4. Beberapa waktu kemudian status pembelian berubah menjadi "Pesanan sedang diproses". Di stage inilah, penipu melakukan aksinya. Saya ditelepon dan dimintai untuk membacakan kode OTP yang dikirimkan melalui WhatsApp. Saya merasa ada yang aneh, karena permintaan OTP ini, karena fungsi OTP ini memang bukan untuk pendaftaran garansi dan dari beberapa transaksi yang saya pernah lakukan untuk barang bergaransi resmi tidak membutuhkan kode OTP. Saya minta waktu untuk menghubungi lagi nanti, kesempatan ini saya manfaatkan untuk mengubungi Tokopedia Care untuk mengkonfirmasi soal penggunaan OTP untuk keperluan pendaftaran garansi.
  5. Pihak Tokopedia Care menghubungi saya dan menginformasikan bahwa ini adalah penipuan. Dia segera melalukan penindakan kepada penjual dengan memblokir akunnya dan melakukan recovery akun Tokopedia saya.
  6. Transaksi pembelian saya dibatalkan dan saya diminta menunggu pengembalian uang untuk diamankan terlebih dahulu.




--- email quoted ---

Dear Bapak M******d F******,

Terima kasih telah menghubungi Tokopedia Care. Mohon maaf atas kendala yang dialami terkait percobaan penipuan dan penyalahgunaan akun ya.

Melanjutkan pembicaraan melalui sambungan telepon sebelumnya, bahwa Bapak dihubungi penjual melalui telepon memintakan kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan WhatsApp dengan alasan garansi ya. Terima kasih atas antisipasi dari Bapak untuk tidak memberikan kode tersebut dikarenakan kode yang dimaksud adalah kode untuk akses akun Bapak. Oleh karena itu, saat ini transaksi dengan invoice INV/20190904/XIX/IX/364005427 telah kami batalkan dan dana kami bantu amankan terlebih dahulu. Kami juga telah melakukan penindakan pemblokiran kepada pelaku serta penutupan toko dari platform Tokopedia.

Sesuai syarat dan ketentuan Tokopedia "https://www.tokopedia.com/terms.pl" pada poin B nomor 16 dan 17, yaitu:

16). Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.

17). Tokopedia tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Tokopedia menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Tokopedia atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
Untuk menghindari kendala serupa terjadi kembali dikemudian hari, berikut Zuko lampirkan link panduan keamanan serta tips aman berbelanja di Tokopedia https://www.tokopedia.com/panduan-keamanan/

Selanjutnya, silakan melakukan perubahan kata sandi pada akun Tokopedia Bapak ya agar lebih aman dan menginfokannya kembali kepada kami pada Pesan Bantuan ini. Silakan juga Bapak lampirkan kepada kami screenshoot history telepon masuk dari nomor yang digunakan pelaku untuk menghubungi Bapak agar bisa kami tindaklanjuti.

Kami tunggu konfirmasi dan lampirannya ya Pak.

Terima kasih.

Salam hangat,
Tim Tokopedia Care
www.tokopedia.com
#SahabatTerbaikToppers

--- end ---

Buat netizen agar berhati - hati, sebelum membeli, perhatikan reputasi toko (rating & cancel rate), review dan diskusi produk, berikut nama barang, deskripsi, dan gambar produk yang diinginkan secara detail kemudian memastikan kembali bahwa harga produk yang ingin dibeli tidak jauh dari harga pasar untuk menghindari akan adanya kendala transaksi yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...