Thursday, September 23, 2010

Bekerjalah..

Oleh: Muhammad Firdaus

Bekerja menurut saya adalah bukan semata mencari uang. Jika uang sudah 'terpenuhi' uang bukanlah tujuan akhir. 

Mari kita berandai-andai jika kita bisa mendapatkan uang dengan mudah, dimana setiap bulan pemerintah memberikan kita uang, ada pohon uang yang tumbuh liar dan tidak berhenti berbuah atau uang turun dari langit, ada hujan uang, ada sungai uang, ada mata air yang mengeluarkan uang. Mungkin kita tidak perlu bekerja?

Atau kita berandai-andai lagi jika semua serba cuma-cuma, kita tidak memerlukan uang untuk makan, bensin, uang sekolah gratis, pakaian gratis, rumah gratis dan banyak lagi.

Kondisi pertama akan membuat kita tidak perlu bekerja, padahal kita  butuh petani untuk beras, kita butuh montir untuk memperbaiki kendaraan kita, kita butuh dokter untuk membantu memeriksa penyakit kita dan memberikan obat, kita butuh pemulung untuk mengambil sampah kita. Jika demikian kita tetap butuh orang bekerja untuk saling membantu mengerjakan apa yang kita tidak mampu kerjakan atau kita buat sendiri.

Kondisi kedua adalah sebaliknya pada saat semua serba cuma-cuma, tidak  ada gaji untuk membayar kerja kita, tidak ada uang untuk membuat pabrik, tidak ada dana untuk membangun jalan dan lain - lain.

Jadi bekerja menurut saya lagi bukan untuk diri kita sendiri, bekerja  bukan untuk memperkaya diri sendiri, bekerja bukan hanya untuk mencari prestise dan harga diri namun kita bekerja karena kita saling
membutuhkan.

Jika pengangguran diabaikan, jika PHK menjadi solusi, jika jabatan dan  uang menjadi prioritas, jika makan gaji buta, jika korupsi, maka kita sudah keluar dari hakikat kita. Kita memutuskan mata rantai, kita
merusak keseimbangan.

Mari bagi kita yang beruntung memiliki pekerjaan, bekerjalah dengan  baik dan benar, bekerjalah karena ibadah, jika anda memang tidak memiliki kemampuan mungkin tak apa cari muka atau menjilat (ingat,  kalau anda memang tidak memiliki kemampuan) tapi jangan jadi sikut sana sini, jangan sombong dengan
jabatan atau kekuasaan yang kita miliki (sebenarnya jabatan adalah titipan dan amanah yang akan dipertanggungjawabkan di judgement day nanti), karena kita bekerja karena  saling membutuhkan, saling melengkapi dan membantu kita dan sesama.

Mari jadikanlah pekerjaan kita berarti tiap hari, jadilah pekerja yang  memberikan manfaat buat kita dan orang lain, bekerjalah se-optimal mungkin sesuai dengan kemampuan kita, InsyaAllah kebaikan untuk kita bersama. Menjadilah bersyukur dengan pekerjaan yang kita miliki  sekarang. Mari bekerja. Masih banyak orang bertalenta diluar sana yang tidak seberuntung kita. Save our family, nation and world.
--
Sent from my mobile device

1 comment:

  1. Memang indah saat qta bisa menerima, bersyukur and mengerti arti setiap hal yang terjadi di diri qta.
    Bekerja memang bukan sekedar untuk mencari uang, bukan sekedar untuk mengisi waktu kosong. tapi bener mas, bekerja untuk saling berbagi. setiap orang memang ditakdirkan berbeda, kemampuan berbeda, skill yang berbeda, kepandaian yang berbeda itulah yang menjadikan qta saling membutuhkan. seperti yang km bilang circle of live.
    tapi adakalanya, qta membutuhkan hati dalam bekerja, bukan sekedar mengahabiskan waktu dan membuang tenaga. jika qta bener2 menyukai pekerjaan qta dan sesuai dengan skill yang qta miliki ,maka qta kan bekerja dengan penuh tanggguh jawab dan sepenuh hati. it because we want it, we love it, and we like our job.
    dan terkadang qta harus berganti and mencari untuk mendapatkan itu, pekerjaan yang benar2 pas and tepat untuk diri qta. memaksakan diri sama halnya dengan tidak proffesional. ketidak professionalan akan merugikan orang laen.
    i tried to get the best job for me.

    ReplyDelete

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...