Wednesday, August 15, 2012

Adab Berdoa

Berdoa di Bulan Ramadhan dimana bulan tersebut termasuk dalam bulan yang mustajab, semua doa yang baik di aminkan oleh malaikat dan diijabah/dikabulkan oleh Allah SWT. Jika ditanya tentang mafaat doa bagi seseorang, sedangkan qadha (ketentuan) Allah tidak dapat dirubah? Maka jawabnya adalah bahwa diantara sejumlah qadha tentang ditolaknya atau tertolaknya bala' adalah karena doa. Doa adalah salah satu yang menjadi tertolaknya bala dan mendorong bagi adanya atau diturunkannya rahmat. Ibarat air yang menjadi penyebab bagi ditumbuhkannya tanaman dari dalam bumi.

Menurut Imam Abi Hamid al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin. Tata cara atau adab dalam berdoa itu ada 10, yaitu:
  1. Menanti waktu - waktu yang mulia, seperti pada hari Arafah, bulan Ramadhan, hari Jum'at, sepertiga akhir malam dan waktu sahur (yakni menjelang masuk waktu subuh).
  2. Mempergunakan kesempatan pada momen - momen yang mulia seperti saat bersujud, bertemu tentara musuh, turunnya hujan, pada saat mendirikan shalat dan sesudahnya.
  3. Menghadap kearah kiblat, menangkat kedua tangan dan mengusapkan keduanya ke wajah pada akhir waktu doa.
  4. Memulai doa dengan berdzikir serta menyebut asma Allah.
  5. Merendahkan suara, yakni antara pelan dan keras.
  6. Tidak memaksakan berdoa dengan bersajak, karena itu membuatnya berlebihan dalam berdoa.
  7. Berdoa dengan sikap merendahkan diri, khusyu dan penuh harap cemas.
  8. Menetapkan apa yang menjadi permintaannya, serta berkeyakinan akan dikabulkan doanya dan berharap akan dikabulkannya dengan sikap ketulusan yang murni.
  9. Bersikap seperti memaksa dalam berdoa dan mengulanginya sampai tiga kali.
  10. Dan unsur terpenting sebelum berdoa adalah bertaubat. Dimana sikap bertobat mampu menolak bebtuk - bentuk kezhaliman dan menghadap kepada Allah SWT dengan hati yang bersih dari noda.
Semoga bermanfaat.

Sumber: Seleksi 99 Doa Rasulullah SAW oleh Ibn Ibrahim.

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...