Tuesday, November 13, 2012

Pesta Ulang Tahun di Sekolah

Pada saat presentasi di TK Negeri Tingkat Nasional di Jakarta Selatan, saya berkesempatan bertemu dengan Ibu Kepala Sekolah, guru - guru dan komite orang tua murid di TK tersebut. Ada sekitar 50 orang yang berkumpul di ruang pendopo yang letaknya ditengah - tengah halaman kebun sekolah, benar - benar asri dan alami sekali.

Dalam kesempatan itu, saya kebagian di sesi ketiga untuk menyampaikan program rencana penerapan personal finansial bagi keluarga muda. Saya senang sekali walaupun 2 sesi yang harus saya tunggu ini cukup membuat saya kelelahan. Sesi pertama diisi oleh rencana orang tua murid yang diwakili oleh Ketua Komite Orang Tua Murid dalam persiapan dan penetapan kesepakatan akan lokasi dan waktu diadakannya acara rekreasi. Di sesi kedua Ibu Kepala Sekolah menyampaikan informasi seputar kegiatan sekolah dan isu - isu selama ini terjadi. Saya tertarik pada saat Ibu Kepala Sekolah menyampaikan usulan dari salah satu orang tua murid yang juga berprofesi sebagai tenaga pengajar senior di salah satu sekolah terkemuka. Inti usulannya tersebut agar acara ulang tahun murid tidak diadakan di sekolah. Ibu Kepala Sekolah tersebut juga menceritakan bagaimana pengalamannya waktu mengajar di salah satu sekolah dasar terkemuka di bilangan Bintaro, dimana anak murid yang berulang tahun membawa kue tart yang didalamnya terdapat cincin berlian. Acara ulang tahun ini mengundang protes dari beberapa orang tua murid, karena menurut orang tua murid yang protes tersebut adalah tidak semua orang tua murid mampu untuk mengadakan acara yang setaraf dengan acara ulang tahun dengan kue tart yang didalamnya terdapat cincin berlian itu. Ibu Kepala Sekolah juga menyampaikan bahwa berdasarkan pengalamannya selama menjadi Kepala Sekolah TK tersebut, sering mendapatkan pertanyaan - pertanyaan polos dari anak murid lain yang tidak kebagian kue tart atau kado karena beda kelas dengan anak murid yang sedang berulang tahun dan beberapa diantaranya juga menerima keluhan orang tua murid yang meminta ijin untuk tidak mengadakan pesta ulang tahun di sekolah atau yang bertanya apakah perayaan ulang tahun harus dilakukan di sekolah.

Di akhir cerita Ibu Kepala Sekolah tersebut akhirnya mengusulkan dengan memberikan beberapa pilihan kepada orang tua murid yaitu mengadakan acara ulang tahun diluar sekolah (bisa dirumah atau direstoran atau taman - taman bermain) atau mengumpulkan anak - anak yang berulang tahun dalam bulan yang sama di sekolah untuk merayakannya dengan satu kue tart yang besar, yang ditiup ramai - ramai oleh anak - anak murid yang berulang tahun dan mereka saling bertukar kado satu dengan lainnya. 

Menurut saya, ini adalah suatu pembelajaran yang baik untuk sekolah tingkat taman kanak - kanak atau kelompok bermain atau PAUD dimana saja, karena acara ulang tahun ini sama sekali tidak mendidik anak - anak murid untuk hidup bersahaja atau berbagi dengan sesama jika dilakukan di sekolah dan merayakan ulang tahun secara sendiri - sendiri. Seperti di sekolah ternama dibilangan Bintaro tersebut, rata - rata orang tua murid yang bersekolah disana bisa dibilang tergolong orang - orang yang mampu, namun kembali kepada masing - masing keluarga yang punya perbedaan latar belakang dan kepentingan - kepentingan sehingga merekapun keberatan untuk mengadakan acara ulang tahun secara berlebihan. Acara ulang tahun murid mungkin menyenangkan bagi anak - anak, tapi juga mungkin dapat mengkibatkan trauma jangka panjang bagi murid yang tidak dapat merayakan ulang tahunnya. Menurut saya, perayaan ulang tahun tersebut kurang tepat untuk pendidikan jangka panjang mereka kelak, karena tidak menutup kemungkinan anak - anak murid yang selalu dapat merayakan ulang tahun akan menjadi tumbuh menjadi sombong dan memiliki sifat narsisisme ketimbang anak yang tidak selalu punya kesempatan untuk merayakan ulang tahun di sekolahnya. Rasa kebersamaan, saling berbagi, saling peduli akan berkurang dengan cara - cara yang mengarah kepada individualisme.

Bagaimana menurut Anda?

Mungkin informasi yang saya bagi ini dapat bermanfaat juga sebagai masukan bagi orang - orang tua murid yang masih merayakan ulang tahun terutama yang merayakannya di sekolah atau ikut berbagi atau mengusulkan kepada pihak sekolah untuk mengganti acara ulang tahun anak murid dengan sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...