Saturday, November 24, 2012

Filosofi Burung Pipit

Burung Pipit adalah salah satu burung yang dapat ditemui di daerah tropis seperti Indonesia. Burung Pipit membuat sarangnya dengan sangat unik mirip seperti bola - bola yang berasal dari ranting padi untuk melindungi dirinya dan juga telur - telurnya sampai anak - anak burung mampu terbang sendiri.

Tahukah kamu, kalau burung Pipit ini sangat bijaksana. Burung Pipit tidak akan bertelur sebelum mereka memiliki sarangnya. Seorang teman saya, seorang pemerhati burung, tertarik dengan kehidupan burung ini. Dari paparannya, dijelaskan kalau burung Pipit akan menghabiskan waktu untuk membangun sarangnya cukup lama dengan mengumpulkan ranting - ranting padi yang setengah kering dan mengumpulkannya pada dahan pohon yang cukup tinggi. Setelah sarang bola - bola rumputnya jadi, burung jantan dan betina tinggal di dalam sarang tersebut untuk beberapa waktu dengan tujuan untuk memastikan apakah sarang tersebut sudah aman dan dapat melindungi telur - telur dan anak - anaknya setelah menetas nanti dari cuaca dingin dan panas dan juga dari gangguan binatang lainnya. Setelah dirasa aman, barulah burung jantan dan betina melakukan proses pembiakan.

Jika dibandingkan dengan manusia yang memiliki kelebihan otak dan pikiran, masih banyak diantaranya yang tidak berpikir atau berperilaku seperti Burung Pipit ini, manusia berkembang biak sebelum memiliki tempat tinggal dan mapan, sebagian besar manusia beranak dirumah orang tuanya atau tinggal dirumah - rumah kontrakan sebelum melahirkan. Mungkin jika manusia bisa berperilaku seperti burung Pipit ini, tentu manusia akan lebih rapi dan mapan dalam mempersiapkan masa depannya.

Sumber: Seperti yang diceritakan seorang teman di Ciputat (O. Firdaus)

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...