Tuesday, September 21, 2010

Kiat-kiat Wawancara

Persiapan Anda sebelum wawancara sama pentingnya dengan kinerja Anda selama wawancara. Untuk persiapan wawancara, perhatikan kiat-kiat berikut ini:

Pelajari ulang ketrampilan, pengalaman dan prestasi Anda. Pertimbangkan hubungan antara ketrampilan yang Anda miliki dan posisi yang ditawarkan. Pertimbangkan ketrampilan dan pengalaman apa yang akan Anda ungkapkan pada waktu wawancara.
Pelajari ulang mengenai posisi dan informasi perusahaan. Baca ulang laporan tahunan perusahaan, literatur perusahaan, surat kabar dan artikel majalah.
Bicara dengan orang-orang yang lebih mengenal perusahaan tersebut. Anda harus memahami cara kerja perusahaan, bandingkan dengan perusahaan lainnya dalam bidang yang sama, jasa atau produk apa yang menonjol, inisiatif baru dan ukuran perusahaan. Apa misi dan perencanaan strategis perusahaan?
Apakah ada jadwal perubahan organisasi perusahaan? Bagaimana outlook industri tersebut?
Baca ulang iklan lowongan, kalau ada. Pelajari kualifikasi yang dibutuhkan, tugas-tugas utama dan hal-hal lain yang disebutkan dalam iklan seperti lokasi, tugas perjalanan dan gaji.
Ketahui nama pewawancara. Mungkin satu orang atau lebih? Tanyakan nama dan jabatannya. Bawalah salinan resume Anda. Mungkin salah satu pewawancara Anda tidak memiliki resume Anda pada waktu wawancara dilakukan atau Anda memerlukannya sebagai referensi pada waktu wawancara.
Bersikap ramah kepada setiap orang yang Anda jumpai. Anda tidak tahu siapa yang akan menyampaikan masukan dalam keputusan penerimaan karyawan. Sekretaris dan Penerima tamu seringkali memberikan masukan. Hadir lebih awal sehingga Anda merasa lebih nyaman dan tahu bagaimana mencapai tempat tujuan Anda.

Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Wawancara
  1. Jangan mengkritik bekas atasan Anda dan teman-teman sekerja Anda.
  2. Jangan tanyakan mengenai gaji atau benefit lainnya sebelum pewawancara menanyakan lebih dahulu atau tanyakan pada saat wawancara selesai.
  3. Jangan makan permen atau permen karet.
  4. Jangan berpakaian berlebihan pada waktu wawancara. Sebelum wawancara, tanyakan ketentuan berpakaian di perusahaan.
  5. Jangan memakai perhiasan atau parfum yang berlebihan.
  6. Jangan menghindari kontak mata pada waktu wawancara.

Tambahan Dasar-dasar Wawancara
  1. Pastikan waktu, tempat dan nama pewawancara.
  2. Datang lebih dini.
  3. Bawa alat tulis dan buku catatan.
  4. Ingat nama pewawancara dan gunakan pada saat Anda memperkenalkan diri.
  5. Bila Anda stress, jangan sampai terlihat bahwa Anda stress.
  6. Tanggapi setiap pertanyaan sebagai pertanyaan penting.
  7. Teliti perusahaan.
  8. Beri jawaban jujur dan jangan berbohong.
  9. Buat pewawancara percaya kepada Anda, meskipun bila Anda ragu.

Tindaklanjut Wawancara

Setiap selesai wawancara, evaluasi apa yang sudah dilakukan. Bila ada pertanyaan sulit, pikirkan ulang jawaban untuk wawancara lainnya. Wawancara yang baik dihasilkan dari latihan. Bersyukur atas hal-hal positif yang telah dicapai.

Tulis surat terima kasih ke pewawancara. Suratnya singkat. Ucapkan terima kasih atas waktunya dan tuliskan kembali minat Anda di posisi yang ditawarkan. Dalam kesempatan ini Anda dapat menuliskan hal penting yang belum diutarakan pada saat wawancara.

Bila Anda tidak menerima keputusan dalam waktu lama, telponlah dengan sopan dan tanyakan apakah sudah ada keputusan. Bila sudah ada keputusan, siaplah diri Anda atas segala keputusan yang akan diutarakan. Bila sudah diisi oleh orang lain, ucapkan terima kasih atas kesempatan dan Anda senang bertemu dengan pewawancara. Tanyakan kesan dan masukan pewawancara yang dapat membantu Anda di wawancara lainnya. Kebanyakan pewawancara bersedia memberikan masukan.


(Sumber: Canadian Association of Career Educators and Employers)

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...