Sunday, November 25, 2012

Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari

Selaku orang tua, kita seharusnya mendidik anak - anak kita untuk menjadi anak yang berbudi pekerti yang baik dan memiliki sifat - sifat yang terpuji. Cara yang paling berpengaruh bagi anak - anak yang belum berinteraksi dengan lingkungannya adalah dengan memberikan teladan yang baik. Jika anak - anak diminta untuk berdoa sebelum makan, maka orang tuanya juga harus konsisten dan memberikan contoh yang serupa.

Banyak dari para orang tua yang lupa bahwa daya rekam anak - anak melalui panca inderanya sangat kuat dan bisa mempengaruhi perilaku di masa depannya. Oleh karena itu, berlakulah yang baik didepan mereka. Tidak cukup hanya dengan memberikan mereka nasihat, membacakan kepada mereka cerita - cerita teladan, tapi mereka tidak dapat menemukannya dalam kehidupan sehari - hari. Sama halnya dengan pepatah "buah jatuh tak jauh dari pohonnya" atau "air cucuran jatuhnya ke pelimbahan juga". Ini artinya banyak pemikiran - pemikiran para tetua yang peduli dengan pentingnya pendidikan dan contoh teladan yang baik dari orang tua kepada anak - anaknya.

Jaman sekarang, waktu intim bagi orang tua dengan anak semakin sempit. Anak - anak usia dini sudah bisa berinteraksi dengan lingkungannya tidak hanya melalui teman - teman dilingkungannya tapi juga pengaruh media, telepon dan pengaruh saudara - saudara kandungnya, terutama kakak - kakaknya. Oleh karena itu orang tua dituntut untuk dapat membekali mereka lebih banyak dan intensif, agar anak - anak dapat menangkal pengaruh - pengaruh negatif dari luar. Tentu lebih mudah mencegah ketimbang memperbaiki, bukan?

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for kuyusku. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!

Solusi Usaha di Masa Pandemik COVID-19

Sudah lama ingin mengeluarkan uneg - uneg yang ada dalam kepala, tapi baru kali ini saya berkesempatan untuk menuliskannya di blog ini, sil...